Thursday 25 October 2018

SDN 1 KUTOSARI MENGIKUTI GRAND FINAL LOMBA BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR TAHUN 2018



Dalam Rangka peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar Direktorat Pembinaan Sekolah dasar sejak tahun 2014 menyelenggarakan Lomba Budaya Mutu Untuk memotivasi semua pihak khusus satuan pendidikan agar menumbuhkembangkan mutu. Program lomba budaya mutu diharapkan dapat menjadi wadah dan cermin dari pelaksanaan berbagai program pembinaan sekolah dasar yang mencakup pembelajaran, penilaian, perbaikan sarana dan prasarana, penataan manajemen sekolah, pengiatan pendidikan karakter, dan lain- lainnya.

Setelah melalui rangkaian panjang menuju Lomba Budaya Mutu dimulai dari lolos tahap praseleksi berupa seleksi portofolio yang terdiri dari 554 peserta yang diambil menjadi 150 peserta. Setelah lolos seleksi SDN 1 Kutosari masuk dalam 150 besar peserta yang  divisitasi langsung oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yaitu Ibu Tiur Magdalena Sirait dan Ibu Dra, Roro Sulistyani. Tahap berikutnya adalah Grand Final melalui melalui tahap presentasi dan wawancara yang diikuti oleh 20 SD Rujukan, 20 SD Negeri dan 20 SD Swasta.

Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar ke 5 di tahun 2018 dilaksanakan di Hotel Lorin, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pelaksanaan lomba Grand Final Lomba Budaya Mutu dilaksanakan bersama dengan Lomba Penulisan Buku untuk Sekolah Dasar meliputi kategori Fiksi, Non Fiksi dan Komik pembelajaran. Pelaksanaan lomba berlangsung selama 4 hari yaitu mulai tanggal 23 – 26 Oktober 2018. 

Hari Rabu, 24 Oktober 2018 SDN 1 Kutosari mendapatkan nomor undian 9 untuk jadwal presentasi. Presentasi dan Tanya jawab berlangsung selama 30 menit dengan perincian 2 menit untuk persiapan, paparan 13 menit, dan tanya jawab 15 menit. Sebelum presentasi dimulai tim SDN 1 Kutosari mendapatkan dukungan dari kunjungan seluruh staf guru dan karyawan, komite, paguyuban orangtua, K3S UPT dinas Pendidikan Unit Kecamatan Kebumen, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.

Kesempatan mengikuti Grand Final Lomba Budaya Mutu merupakan anugrah yang luar biasa karena bisa berkumpul dengan sekolah sekolah hebat yang memiliki pembelajaran inovatif, ekstrakurikuler yang hebat dan Manajemen Berbasis Sekolah yang tangguh. Pengalaman pengalaman yang kami dapatkan dari SD terbaik di Indonesia menjadi cambuk penyemangat untuk memajukan SDN 1 Kutosari menjadi SD Rujukan yang lebih maju di Kabupaten Kebumen.

Hari Kamis, 25 Oktober 2018 para peserta mengikuti Seminar Impementasi Perpres No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang disampaikan oleh Prof. Eri Utomo,Ph.d. Kegiatan berikutnya paparan pengalaman praktik – praktik baik dalam pengelolaan sekolah dasar oleh Kepala SDS Nurul Tenggarong dan Kepala SDN 148 Pekanbaru.

Penentuan Kejuaraan Lomba Budaya Mutu di Sekolah Dasar adalah kombinasi studi dokumentasi (bobot 25%), visitasi (bobot 25%), dan Grand Final (bobot 50 %). Pemenang Kejuaraan terdiri dari kategori pembelajaran, ekstrakurikuler dan MBS. 

Semoga pengalaman tahun ini bisa membangkitkan semangat seluruh warga sekolah untuk menjadikan SD Negeri 1 Kutosari menjadi SD Rujukan yang bermutu di Kabupaten Kebumen.

2 comments: